You need to enable javaScript to run this app.

Wahana Peningkatkan Keimanan dalam Bingkai Pondok Ramadhan MTs Negeri 2 Trenggalek Tahun 1444 H

  • Kamis, 09 Maret 2023
  • Admin
  • 0 komentar
Wahana Peningkatkan Keimanan dalam Bingkai Pondok Ramadhan MTs Negeri 2 Trenggalek Tahun 1444 H

Ramadhan telah dilalui setengah bulan. Hal itu berarti setengah bulan lagi hari perayaan tiba. Sebagai umat muslim yang merasakan kebahagiaan Ramadhan tentunya tidak menginginkan Ramadhan berlalu tanpa bekas. Semua lembaga pendidikan baik milik pemerintah maupun swasta tentunya menginginkan yang terbaik. Begitu pun MTs Negeri 2 Trenggalek yang notabene semua warga merupakan umat muslim. Bidang keagamaan MTs Negeri 2 Trenggalek menyelenggarakan kegiatan Pondok Ramadhan yang digelar di madrasah dengan berbagai materi kegiatan.  Kegitaan tersebut berlangsung selam satu Minggu yang diawali pada tanggal 3 April dan diakhiri hari ini Senin, tanggal 10 April 2023.

Kegiatan yang merupakan agenda tahunan ini dibagi atas tiga sesi. Sesi pertama yaitu peserta didik kelas IX, sesi kedua yaitu peserta didik kelas VIII, dan sesi ketiga yaitu peserta didik kelas VII. Masing-masing sesi berlangsung selama dua hari dengan materi keagamaan dan setoran hafalan juz 30. Adapun khusus hari kedua selain kegiatan keagamaan dan setoran hafalan juz 30 juga penjadwalan pembawaan zakat fitrah bagi masing-masing peserta didik tiap sesi.  Masing-masing sesi dikelompokkan berdasarkan genre. Peserta didik yang laki-laki berada di mushala sedangkan peserta didik yang perempuan berada di aula MTs Negeri 2 Trenggalek. Dengan pengisi materi yang berbeda pula. Adapaun untuk kegiatan hafalan juz 30 dilaksanakan di kelas masing-masing. Sebelum mendapatkan materi inti, peserta Pondok Ramadhan melaksanakan kegiatan shalat dhuha. Materi yang disampaikan dalam kegiatan Pondok Ramadan mencakup materi khusus keagamaan seperti seperti zakat, puasa, shalat, dan akhlak.

Widodo Setyadi selaku Kepala Madrasah memberikan apresiasi positif atas terselenggaranya kegiatan Pondok Ramadan tahun ini. Hal tersebut disampaikan beliau saat memberikan sambutan saat acara pembukaan tiap sesi. “Agenda seperti ini sepatutnya diselenggarakan secara kontinyu dan dipertahankan karena ini merupakan kegiatan yang positif. Sebagai salah satu kegiatan yang bernilai positif diharapkan ke depan dapat memberikan dampak positif bagi peserta didik serta berimplikasi pada kehidupan sehari-hari bukan hanya saat kegiatan berlagsung,” terangnya. Lebih lanjut Beliau menjelaskan bahwa kegiatan Pondok Ramadhan sebagai ajang untuk meningkatkan rasa keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Walaupun kegiatan yang sempat nihil saat pandemi ini. Keantusiasan warga madrasah terutama peserta didik masih terlihat jelas. Mereka dengan raut muka bahagia mengikuti setiap sesi dan setiap materi. Keceriaan terpancar dari wajahnya dengan balutan busana muslim/muslimah meskipun terdapat beberapa peserta didik yang terlihat kuyu dan mengantuk. Apalagi saat setoran hafalan juz 30. Mereka terlihat mempersiapkan materi hafalannya dan bersemangat untuk segera menyetorkan hafalan kepada bapak/ibu guru pendamping. Tidak sedikit di antara mereka yang hafal juz 30. Menurut rencana, mereka yang telah hafal juz 30 akan mendapat reward dari madrasah. Setelah kegiatan hafalan, peserta Pondok Ramadhan langsung mengikuti kegiatan shalat dhuhur berjamaah di mushala.

Selain kegiatan Pondok Ramadhan, MTs yang terletak di Jalan Raya Sugihan Kampak ini juga menggelar buka bersama Dega dan OSIS serta bagi takjil di depan madrasah. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan rasa solidaritas dan kepedulian terhadap sesama. Selain itu, aksi tersebut dapat memberikan pembelajaran kepada peserta didik untuk membiasakan berbagi kepada orang lain sebagai bentuk ungkap syukur atas nikmat Allah yang telah diberikan. Kegiatan tersebut langsung dikomandani oleh Mukarji selaku Waka Kesiswaan. Kegiatan bukber tersebut dilaksanakan dua hari yaitu Kamis (6/4) dan Sabtu (8/4). Adapun pelaksanaan di lapangan langsung ditangani oleh Pembina Gugus dan pengurus DEGA pada Kamis sore. Adapun pada Sabtu sore saat pembagian takjil dilakukan oleh pengurus OSIS di bawah bimbingan Pembina OSIS dan guru BP. (Ed/Ufm)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Drs. WIDODO SETYADI

- Kepala Sekolah -

  Assalamu'alaikum Wr. Wb Bismillahirrahmanirrahim. Segala puji hanya bagi Allah yang telah memberikan kita kesempatan dan nikmat sehat. Selamat...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Apa motivasi Anda sekolah di MTsN 2 Trenggalek ?

Hasil